Selasa, 12 November 2013

Pendahuluan Kitab Ta'leem

Bismillahir-Rahmaanir-Rahiiem

Segala puji bagi Allah (Tuhan semesta alam) yang telah menganugerahi umat manusia dengan berbagai pengetahuan dan daya kreasi (ilmu dan amal) untuk mengatasi (berbagai tantangan dan problematika) alam semesta. Sholawat serta salam (semoga dilimpahkan) kepada Muhammad saw sang pemimpin bangsa Arab dan Ajam, juga buat keluarga dan sahabat-sahabatnya yang senantoasa memancarkan banyak ilmu dan hikmah.

Syahdan, hari ini kerap saya melihat bahwa ada banyak pelajar(penuntut ilmu) sekarang ini yang (telah menuai sukses) dan beroleh banyak ilmu tetapi (mereka) belum sampai ketaraf (mendapati menfaat & hasil buahnya : yakni belum bisa diaplikasikan secara nyata dalam kesehariannya dan belum bisa mengembangkannya hingga menjadi mulia karenanya). Kenapa demikian, karena mereka sesungguhnya telah salah mengambil langkah seraya meninggalkan berbagai prasarat & ketentuan dalam pada saat pencarian ilmu, -padahal- setiap orang yang salah (mengambil) jalan maka ia -dipastikan- tersesat (dalam perjalanannya), dan ia tidak akan peroleh apa pun yang menjadi tujuannya sedikit ataupun banyak.


Karenanya, saya ingin sekali dan saya senang untuk menjelaskan bagi mereka (kalangan pelajar) tentang langkah-langkah & tata cara dalam menempuh ilmu sesuai dengan apa yang telah saya baca dari pelbagai buku rujukan dan dari apa yang telah saya dengar dari para guru tentang keutamaan ilmu dan hikmah seraya berharap akan ada banyak doa (yang mengalir) dari para pencintanya yang ikhlas dengan penuh suka cita dan ketulusan hingga hari kiamat kelak setelah bermohon kepada Allah swt agar saya diberikan pilihan terbaik didalamnya.

Dan kitab ini saya beri nama "Ta`lim al-Muta`allim Thariqah at-Ta`allum" = "Pengajaran untuk para pelajar (penuntut ilmu) tentang cara-cara pembelajaran"

Kitab ini saya bagi dalam beberapa fasal (tematik), antara lain :
01). Fasal tentang "Hakikat ilmu, fiqh (pemahaman) dan keutamaannya"
02). Fasal tentang "Niat dalam menuntut ilmu"
03). Fasal tentang "Pemilihan ilmu, guru (tutor/pembimbing), teman & komitmen"
04). Fasal tentang "Keagungan ilmu dan pemiliknya"
05). Fasal tentang "Berusaha keras & tekun dalam cita-cita"
06). Fasal tentang "Prioritas (mana yang harus didahlukan), persiapan & gradualitasnya"
07). Fasal tentang "Tawakkal (menyerahkan sepenuhnya kepada kehendak Tuhan)"
08). Fasal tentang "Saat-saat pencapaian (keberhasilan)"
09). Fasal tentang "Empati dan nasihat"
10). Fasal tentang "Upaya pemahaman dan cara-cara pengutipan dalam pendidikan"
11). Fasal tentang "Wara`" (hal menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiyat)
12). Fasal tentang "Beberapa hal yang bisa mengakibatkan keterjagaan ilmu dan beberapa hal yang mengakibatkan keterlupaannya"
13). Fasal tentang "Faktor-faktor yang bisa mendatangkan rizqi, Faktor-faktor yang bisa menghalanginya. Beberapa faktor yang bisa meyebabkan panjang umur dan beberapa faktor yang bisa menguranginya.

Dan akhirnya tiadalah yang bisa memberi saya taufiq (pemahaman) melainkan hanya Allah swt yang kepadaNya saya bertawakkal dan terhadapNya saya akan dikembalikan.

>>>>>>>>>>>>>>


مقدمة

الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم

وبعد...
فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم ولايصلون [ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون] لما أنهم أخطأوا طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل

فأردت وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين، بعد ما استخرت الله تعالى فيه، وسميته : تعليم المتعلم طريق التعلم

وجعلته فصولا
1. فصل : فى ماهية العلم، والفقه، وفضله
2. فصل : فى النية فى حال التعلم
3. فصل : فى اختيار العلم، والأساتذ، والشريك، والثبات
4. فصل : فى تعظيم العلم وأهله
5. فصل : فى الجد والمواظبة والهمة
6. فصل : فى بداية السبق وقدره وترتيبه
7. فصل : فى التوكل
8. فصل : فى وقت التحصيل
9. فصل : فى الشفقة والنصيحة
10. فصل : فى الإستفادة واقتباس الأدب
11. فصل : فى الورع
12. فصل : فيما يورث الحفظ، وفيما يورث النسيان
13. فصل : فـيمـا يجـلب الـرزق، وفيـما يمـنع، وما يزيـد فى العـمـر، وما ينقص

وما توفيقى إلا بالله عليه توكلت وإليه أنيب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar