Selasa, 12 November 2013

Kesunnatan Puasa Tasu'a dan 'Asyura

Bismillahir-Rahmaanir-Rahiiem
Puasa tasu'a dan 'asyura itu puasa tanggal 9 dan 10 bulan Muharram yang Insya Allah besok Rabu, 12 Nov 2013 M bertepatan dengan Hari Tasu'aa tanggal 9 muharram 1435 H, kita ummat islam di sunnahkan berpuasa
 
Rasulullah saw bersabda : “Sebaik-baik puasa setelah Ramadlan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram”. (HR. Muslim)

Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memilih satu hari untuk puasa yang lebih beliau unggulkan dari pada yang lainnya kecuali puasa hari Asyura’, dan puasa bulan Ramadhan”. (HR. Al Bukhari dan Muslim).
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di tanya tentang puasa Asyura’, kemudian beliau menjawab : “Puasa Asyura menjadi penebus dosa setahun yang telah lewat” (HR. Muslim dan Ahmad).
 

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa Asyura’ dan memerintahkan para sahabat untuk puasa.
Dari Sayyidina Abdullah Ibnu Abbas RadiAllahu 'Anhu, beliau berkata :

حِيْنَ صَامَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ الله أَنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُوْدُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ اِنْ شَاءَ اللهُ صُمنَا الْيَوْم التَّاسِعَ قَالَ: فَلَمْ يَأَتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Ketika kanjeng Nabi Muhammad SAW melaksanakan puasa Asyura’ dan memerintahkan para sahabat untuk puasa. Kemudian ada sahabat yang bertanya : "Ya Rasulallah, sesungguhnya hari Asyura adalah hari yang diagungkan orang Yahudi dan nasrani" ... Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahun depan, kita akan berpuasa di tanggal sembilan (9 muharram)”, Namun, belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah diwafatkan”. 
(HR. Al Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar