Minggu, 22 Desember 2013

UAS - Tafsir dan Hadits Tarbawie



SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) TAHUN AKADEMIK 2013/2014
PROGRAM DMS PAIs - FAKULTAS TARBIYAH


Mata Kuliah                : Tafsir-Hadits Tarbawie
Semester/Jurusan      : III / PAIs (DMS)
Hari/Tanggal              : Sabtu, 21 Desember 2013.
Dosen  Pengampu       : DR. KH. Selamet Firdaus, MA


Pilih salah satu soal dari dua soal dibawah ini untuk dibikin makalah dengan menggunakan perspektif tafsir dan syarah hadits, minimal 7 halaman :

1. Sesungguhnya tujuan tarbiyah adalah pembentukan karaktetr (Character Building), tetapi sungguh ironi munculnya pendapat yang mengisyaratkan bangsa Indonesia sedang berhadapan dengan problema mendasar, yakni menipisnya karakter bangsa yang ditandai perilaku KKN, tawuran antar pelajar dan antar mahasiswa, eksploitasi hak antara sesama bangsa dan sebagainya. Lahirlah pertanyaan : “Apakah karakter yang ditawarkan oleh Al-Quran dan hadits berkenaan dengan tujuan Tarbiyah, dan usaha apakah yang dilakukan oleh saudara sebagai pendidik untuk mewujudkan karakter tersebut ?”.


2. Jelaskan dengan argumentasi yang memadai apa yang menjadi kunci keberhasilan Nabi SAW (dari aspek management dan metodologinya) dalam mendidik sahabat-sahabatnya RA hingga terbentuk kepribadian mereka yang elegan, salah satunya tergambar dalam surah Al-Fath (QS 47) ayat 29. 


مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا - ٢٩ -

Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu meihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat, adapun sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil adalah seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Fath 29)

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا (٢٩) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-al-fath-ayat-24-29.html#sthash.yuCEbITq.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar