Selasa, 26 April 2016

Logika itu Jalan Pikiran.

By Soepangat Moenadjat

Bismillaahir-Rahmaanir-Rahiiem

Jalan pikiran dipengaruhi oleh RASA (etos), dan AKAL (rasio).

RASA itu ranah kebaikan/subyektifitas ...
AKAL itu ranah kebenaran/obyektifitas ...

Dalam melihat permasalahan, selalu saja orang membacanya sesuai kemampuan yang ada dalam dirinya ...

Orang yang jiwa/ruhnya didominasi RASA, dia akan berpikir melalui peRASAannya ; Oleh karenanya, maka hasilnya, dia bisa merasainya/merasakannya. Maka baginya yang dirasakannya itulah merupakan hasil berpikirnya, yang dia anggap/rasa benar menurutnya, ... itulah persepsinya.

Sementara orang yang jiwa/ruhnya diliputi akal, dia berpikir dengan menggunakan akalnya ; Maka hasilnya, dia akan mengetahui sebab-akibatnya (causalitas). Karenanya pula, maka yang dia ketahui itulah sebagai hasil berpikirnya, apa adanya, demikian itu keadaan yang semestinya, sebenarnya, ... begitulah analisisnya.

#
Subyektif =
> bicara menurut perasaan ... hasilnya kebenarannya menurut perasaannya, rasanya benar,..maka akibatnya "MERASA BENAR" menurutnya.

#Obyektif => bicara menurut akalnya/nalarnya ... hasilnya kebenarannya munurut aturan mainnya, penalarannya, sebab-musababnya, ... maka akibatnya demikian adanya..."BENAR ADANYA".

Logika perasaan berporos kepada keakuan/ego/perasaan ... buntu dan tentu saja akan berpijak pada "pokoknya" dan  "pokoknya", benar munurutnya, dari sudut pandang dirinya.

Padahal, logika penalaran harus berpegang kepada aturan main/hukum-hukumnya ... jelas dan runtut, benar menurut siapa saja yang mencoba berpikir dengan mengembangkan pola-pikirnya yang berdasar pada akalnya.

Religi/agama ... sering dimaknai/ditafsiri dengan menggunakan logika perasaan yang distandarisasikan, dibangun mendasari perasaan/iman/kepercayaan kepada sang penghulu religi, logika yang dibangun mendasari persepsi si empunya religi.

Sedangkan spirirtual/tasawuf ... haruslah bermakna menggunakan logika akal, penalaran sebab-musabab (sebab-akibat), asbabun nuzul, asbabun furu' ... penjelasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar