Jumat, 05 Desember 2014

Benarkah "Otak Kanan" itu adalah "Hati", atau bahkan "Ruh" ?.

Bismillahir-Tahmaanir-Rahiiem

Tambah nganggur, baca-baca bukunya mas Ippho Santosa yang "13 WASIAT TERLARANG" terkait tentang keajaiban dan kedahsyatan "OTAK KANAN", wuih, bagus tenanan isinya, sarat akan inspirasi kehidupan manusia.

Menurut Ippho, teks hadits sahih yang menunjukkan kepada segumpal darah/daging yang terbenam dalam diri setiap manusia -yang dalam istilah Arabnya disebut "Qalb"-, itu bukan lain adalah OTAK KANAN, dan ternyata ini senada dengan hipotesanya al-Ghozalie (505 H) tentang bahwa OTAK KANAN -yang diisyaratkan Rasulullah SAW 15 abad yang lalu- itu sebenarnya adalah HATI manusia, al-Ghozalie sering menyebutnya sebagai kekuatan "Bashirah".

So than, jelaslah bahwa yang di maksud OTAK KANAN atau HATI manusia tidaklah kita lihat dari secara anatomi fisik ansich, iaitu lebih ke metafisik, sebab hal itu erat kaitannya dengan keadaan supranatural seseorang, suatu kondisi di mana manusia tak bisa menjangkaunya dengan rumus logika semata-mata bahkan harus dijangkau dengan daya nalar tinggi yang meliputi kecerdasan otak/rasio, hati/instink dan ilmu/pengetahuan secara mendalam dan terintegrasi satu sama lain, keadaan itu tentu saja sangat bergantung kepada kondisi psichis masing-masing manusia secara individual/personal ,,,

atau bahkan boleh jadi, bahwa ianya adalah RUH, tentang hal ini, silakan merujuk "Ihya"nya al-Ghozalie, sementara disisi lain, ada banyak keterbatasan pengetahuan manusia tentang RUH itu sendiri kecuali bagi kalangan rasikh bil-'Ilm (seseorang yang memang di anugerahi banyak hikmah/pengetahuan secara mendalam).

Begitulah cara Allah SWT memisterikan OTAK KANAN atau yang laik kita sebut akan HATI manusia yang terbenam dalam bahasa/ungkapan-ungkapan simbolik al-Quran al-Kariiem.
Intinya -kembali menurut Ippho-, jika anda termasuk seorang yang ada kecenderungan terhadap pendaya-gunaan OTAK KANAN, maka untuk mengimbanginya, carilah yang KIRI, begitupun sebaliknya, maksudnya biar tetap ada kelangsungan harmony dalam kesesuaian dan keserasian dalam menjalani hidup ,. Subhannalah.

Pengen tau yak, tentang apakah anda termasuk yang KANAN ataukah yang KIRI, beli aja bukunya, di sana ada banyak angket untuk mengukur seberapa kanan atau kiri OTAK anda,. hehe
lihat, Minhaj al-'Abidiien by Al-Ghozalie page 33-35, dipadukan dengan bacaan bukunya mas Ippho,. wuih, renyah sekali, yaqin.

<<>>

ذهاب الاسلام من اربعة . لا يعملون بما يعلمون . ويعملون بما لا يعلمون . ولا يتعلمون ما لا يعلمون . و يمنعون الناس من التعلم

مقالة الشيخ محمد بن فضل


Empat faktor yang menyebabkan ISLAM menjadi terasing :
1). Berilmu tapi tak berKreasi
2). BerKreasi tanpa didasari Ilmu
3). Tak Berilmu tapi tak mau Berilmu
4). Menghalangi orang lain untuk Berilmu


<<>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar