Selasa, 21 Juli 2015

Imam Syafi’ie RA bertabarruk dengan Jubah (Gamis) Imam Ahmad RA



Bismillaahir-Rahmaanir-Rahiiem

Tersebut dalam kitab “Thabaqat asy-Syafi’ieyyah al-Kubra” karya ‘Abd Wahhab ibn ‘Aly ibn ‘Abd al-Kaafi as-Subuky -atau lebih popular dengan nama Imam Subuky- (tahun 771 H), riwayat ini ada dipage II/36, berkata Imam ar-Rabii’ ibn Sulaiman al-Muraadiy (salah seorang murid Imam Syafi’ie) : Bahwasannya Imam Syafi’ie RA suatu hari pergi menuju Mesir, lalu ia berkata kepadaku : “Wahai Rabii’ !!, bawalah suratku ini dan serahkan kepada Abi ‘Abdillah, yaitu Ahmad ibn Hanbal (di Baghdad Iraq), dan sampaikan salamku padanya, dan tunggulah apa responnya ?”,

Berkata Imam Rabii’ -melanjutkan ceritanya-, kemudian aku memasuki kota Baghdad, dan bersamaku sepucuk surat dari sang Imam, sesampai di Baghdad aku langsung menemui Imam Ahmad, dan beliau tengah melaksanakan shalat fajar di sebuah masjid, sesaat aku menungguinya dulu, selepas beliau beranjak bangkit dari mihrabnya, lalu kepadanya aku serahkan surat itu selepas aku memberinya salam terlebi dahulu : “Surat ini dari saudaramu, Imam Syafi’ie di Mesir, wahai Abi ‘Abdillah !!”. Lalu kepadaku, Imam Ahmad berkata : “Kamu sudah tau isinya ?!”, aku berkata : “Belum, wahai Abi ‘Abdillah !!”, lalu secara hati-hati beliau membuka segel surat itu kemudian membacanya, aku perhatikan, kedua mata beliau mulai berlinangan air mata, dan kepadanya aku coba memberanikan diri untuk bertanya : “Gerangan apakah yang membuatmu menangis, wahai Abi Abdillah ?!”.

Imam Ahamad berkata : “Dalam isi surat itu, Imam Syafi’ie menjelaskan bahwa ianya mimpi bertemu Rasulullah SAW yang -dalam mimpinya itu- beliau SAW ada menyerunya untuk menulis sebuah pesan/surat kepadaku dan juga menitip salam untukku. Dan katakan padanya (padaku) bahwa aku akan melewati suatu ujian (fitnah) besar sedang aku tidak bisa lolos dari padanya, namun -dengan ujian itu- Allah SWT hendak meninggikan derajatku dengan ilmuNya hingga qiyamat nanti”.

Berkata Imam Rabii’, aku memberanikan diri untuk meminta imbalan oleh sebab aku membawakan kabar gembira itu : “Upahku, wahai Abi ‘Abdillah ?!”. lalu sang Imam melepas gamis luar yang tengah dipakainya kemudian menyerahkannya kepadaku, lalu aku permisi untuk bertandang pergi dengan membawa jawaban dan respon dari beliau dan kembali menuju Mesir, sesampai di Mesir aku langsung menemui Imam Syafi’ie kemudian beliau menanyaiku : “Engkau diberi apa darinya, (dari Abi ‘Abdillah) ?”, aku berkata : “Aku mendapatkan gamis ini“. Imam Syafi’ie berkata : “Jangan khawatir, aku tidak memintanya, tetapi pinjami aku barang sebentar untuk aku cuci dan merendamnya dengan air, lalu air cucian/rendaman itu aku hendak mengambil berkah darinya (aku jadikan tabarruk)”.

<<>>
جاء في طبقات الشافعية الكبرى، لعبد الوهاب بن علي بن عبد الكافي السبكي [ت771هـ]، ج2/ص36 : "قال الربيع بن سليمان: إن الشافعي رضي الله عنه خرج إلى مصر فقال لي : يا ربيع خذ كتابي هذا فامض به، وسلِّمْهُ إلى أبي عبد الله )أي إلى أحمد بن حنبل)، وائتني بالجواب.

قال الربيع
: فدخلت بغداد ومعي الكتاب، فصادفت أحمد بن حنبل في صلاة الصبح، فلما انتقل من المحراب سلمت إليه الكتاب، وقلت: هذا كتاب أخيك الشافعي من مصر،

فقال لي أحمد
: نظرتَ فيه ؟

فقلتُ: لا، فكسر الختم وقرأ، وتغرغرت عيناه،

فقلت له: أيش فيه يا أبا عبد الله؟

فقال
: يذكر فيه أنه رأى النبي صلى الله عليه وسلم في النوم فقال له : اكتب إلى أبي عبد الله فاقرأ عليه السلام، وقل له: إنك ستُمتحن فلا تجبهم فيرفع الله لك علمًا إلى يوم القيامة،

قال الربيع
: فقلت له: البشارة يا أبا عبد الله، فخلع أحد قميصيه الذي يلي جلده فأعطانيه، فأخذت الجواب وخرجت إلى مصر، وسلَّمْتُهُ إلى الشافعي رضي الله عنه

فقال : أيش الذي أعطاك
؟

فقلت : قميصَه،

فقال الشافعي : ليس نفجعك به، ولكن بُلَّهُ وادفع إليّ الماء لأتبرّك به
".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar